Sunday 13 March 2016

MAU JALAN JALAN KE WAKATOBI? Ini dia detail Rute Darat dan Udara beserta Budgetnya ala Arba Arief, New Travel Blogger



Bagi yang suka berlibur dan sering menonton acara jalan-jalan, pasti tidak asing lagi dengan daerah Wakatobi yang terletak di Sulawesi Tengara. Berhubung saya pernah kesana *Alhamdulilah*, saya ingin share mengenai keindahan Wakatobi beserta berapa budget yang kira-kira dibutuhkan untuk liburan disana. Well, here we go..
1.      Dalam rangka apa ke Wakatobi?
-          Saya ke Wakatobi sekitar bulan Mei 2014 dalam rangka menjadi wakil Sulawesi Tengah dalam pertemuan Indonesia Youth Forum 2014. Selain itu, 200 peserta forum tersebut juga dilantik sebagai Duta Promosi Pariwisata Wakatobi periode 2015 – 2016 oleh Bapak Bupati Wakatobi Ir. Hugua. Saya stay disana selama satu minggu.






1.       Kenapa bisa terpilih? 

-          Alhamdulilah takdir saya hehe :)
-          Menurut saya, rata2 delegasi yang terpilih di forum nasional tersebut memiliki project-project yang bermanfaat bagi masyarakat disekitarnya. Saya sebelum terpilih di forum ini, aktif di organisasi lingkungan dan membuat beberapa program lingkungan di kota Palu. Project saya pernah menjadi panitia di seminar managemen persampahan, pergi ke sekolah untuk mengkampanyekan pentingnya menjaga lingkungan dan aksi komunitas hijau yang dilakukan bersama. Hal tersebut sepertinya menjadi indikator mengapa saya terpilih dalam forum ini.
 

2.      Wakatobi itu apa?
-          Wakatobi BUKAN nama satu pulau saja kawan. Wilayah Kabupaten Wakatobi terdiri atas Pulau-pulau besar dan pulau-pulau kecil yang memiliki keindahan alam, pantai dan tempat-tempat bersejarah. Wakatobi merupakan akronomi dari empat pulau besar yaitu Wangi-Wangi (Wa), Kaledupa (Ka), Tomia (To) dan Binongko (Bi).

3.      Apa yang menarik dari Wakatobi?
-          Wakatobi adalah wilayah Taman Nasional yang memiliki kekayaan biota laut terbesar dan terindah di Dunia sehingga diberi julukan “The Little of Paradise in the World” atau “Surga Kecil di Dunia”.
-          Wakatobi berada didalam pusat segitiga karang dunia dan Wakatobi adalah ‘Jantung’nya.
-          Dari 820 jenis karang yang ada di dunia, 750 jenis nya ada di Wakatobi. Dengan demikian, 90 persen jenis karang didunia terdapat di Wakatobi. Selain itu Wakatobi juga menjadi salah satu tempat menyelam berkelas dunia “World Class Diving Site
-          Presiden dari Suku Bajo berada di Wakatobi. Suku Bajo adalah suku yang menghabiskan hampir seluruh hidupnya diatas laut. Keunikan mereka memiliki daya tarik yang luar biasa bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.
-          Pada tanggal 11 Juli 2012 yang lalu bertempat di Paris pada sidang MAB UNESCO, Kabupaten Wakatobi telah ditetapkan sebagai Cagar Biosfer Bumi yang kedelapan di Indonesia.




1.      Perjalanan Ke Wakatobi detailsnya seperti apa?

-          Untuk dapat menuju Pulau Wangi-Wangi, perjalanan saya mulai dari Kota Kendari yang merupakan Ibu Kota dari Sulawesi Tenggara melalui perjalanan udara. Perjalanan via pesawat udara dari Bandara Haluoleo Kendari memakan waktu 50 menit menuju Pulau Wangi – Wangi, Ibukota Wakatobi. Sebenarnya ada satu lagi Bandar Udara Maranggo milik PT Wakatobi Dive Resort, sebuah perusahaan yang bergerak dibidang wisata selam berkelas Internasional. Biasanya para tamu diterbangkan dari Denpasar, Bali ke Pulau Tomia. Untuk bisa masuk melalui tour operator ini, waiting list nya sampai TIGA TAHUN broo.. Karena cukup lama, saya memutuskan yang reguler saja dengan rute Kota Palu – Makassar – Kendari – Wakatobi yang kalau dihitung-hitung butuh budget PP (Pulang-Pergi) sebesar Rp. 3.000.000.

-          Detail ; Palu – Makassar Rp. 500.000 , Makassar – Kendari Rp. 500.000 , Kendari – Wakatobi Rp. 500.000 dan sebaliknya. Budget bisa ditekan dengan memesan tiket jauh-jauh hari agar bisa lebih murah. Bagi teman-teman yang diluar sulawesi juga bisa langsung ke Kendari dengan rute seperti Jakarta – Kendari dengan Pesawat Garuda. Selain jalur udara, berikut jalur alternatif untuk bisa menuju Wakatobi ;
-          jalur laut bisa dijadikan alternatif untuk lebih menghemat budget liburan. Bisa di mulai dari Makassar ke Wakatobi dengan menaiki kapal PELNI menuju Baubau. Kemudian dari Baubau lanjut ke Wakatobi dengan menggunakan transportasi kapal kayu yang beroperasi setiap malam. 

-          Bagi kawan2 yang hobi berpetualang juga  dapat menempuh jalur darat Makassar – Bone – Kolaka, Kendari. Bermalam di Kendari, besok pagi bertolak ke Wakatobi dengan kapal reguler hari Senin, Selasa, Kamis dan Sabtu.

-          Kalau kawan2 ingin menjelajah sebagian kota-kota di Sultra sebelum sampai di Wangi- Wangi, kawan2 juga dapat menempuh perjalanan darat dengan rute dari Kota Kendari – Raha – Baubau – Wangi-Wangi. Sampai di Torobulu, Konawe Selatan, kemudian menyeberang dengan kapal Ferry ke Pelabuhan Tampo, Kabupaten Muna. Dari Kota Raha, Ibukota Kabupaten Muna dilanjutkan dengan naik kendaraan umum ke Pelabuhan Ferry Wamengkoli,  selanjutnya bertolak ke Pelabuhan Ferry Batulo Kota Baubau. Setelah itu perjalanan dapat di lanjutkan dengan menggunakan kendaraan darat menuju ke Pelabuhan Ferry Kamaru yang seterusnya dengan kapal Ferry menuju Pelabuhan Ferry Wanci, Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi. Oh iya kawan, dari Kendari jadwal penerbangan ke Wakatobi kini telah beroperasi setiap hari.
Dulu saat saya ke Wakatobi di tahun 2014 silam, jadwal penerbangannya hanya seminggu sekali. Jadi sekarang jauh lebih efisien untuk mengunjungi Wakatobi melalui jalur udara.
-          Saat di Bandara Sultan Hasanuddin, saya sering menggunakan kamar mandi *bagi yang mau mandi* untuk penumpang pesawat yang sedang menunggu penerbangan yang biasanya cukup lama. Kamar mandinya bagus karena ada showernya dll. 


Suasana dalam Bandara Sultan Hasanudin, Makassar, Sulawesi Selatan

      Khusus kamar untuk mandi kita harus melapor dulu sama cleaning service nya karena kunci dipegang sama mereka. Lalu melapor kembali kalau sudah selesai dipakai. Selain itu saya biasanya menghindari untuk breakfast, Lunch atau dinner di Bandara karena cukup menguras kantong. Saya biasanya keluar sedikit dan mencari makan di warung makan sekitar.. SUMPAH Murah dan masih tetap MANTAP kawan.. Tapi bagi yang punya budget lebih, makan didalam area bandara sah-sah saja..




Sebelum berangkat ke Wakatobi, ane menginap dulu semalam di Bandara Haluoleo Kendari..



-          Saya sampai dibandara Haluoleo pada malam hari sekitar jam 9 malam dan biasanya jam segitu sudah sepi. Biaya untuk ke pusat Kota Kendari dari Bandara sekitar Rp. 100.000. Saat itu saya memilih untuk tidur di musholah bandara untuk menekan budget saya, padahal saya sebenarnya memiliki budget yang lumayan, tapi karena sudah terbiasa menginap diberbagai bandara jadi It was fine bro!. Bagi yang tidak terlalu berani, saran saya menginap di penginapan atau hotel saja soalnya disini banyak yang ‘minta kenalan’ pas kamu tidur hehehe.. Tapi karena saya cukup berani yah tidak apa apa.. Mungkin next time bisa ajak kawan biar rame haha.. Beberapa fasilitas bandaranya masih belum terlalu baik seperti kamar mandi dan musholah nya jika saya bandingkan dengan bandara di Kota Palu.. tapi Not bad lah buat yang suka tantangan..


Tempat istirahat ane pas di mushola Bandara Haluoleo Kendari.. Sungguh "moment" yang tak terlupakan...

-          Pagi hari saya sarapan dengan Roti Boy dan Air Mineral (Detail Roti Boy Rp. 10.000 dan Air Mineral Biasa Rp. 15.000 *harga di bandara coy*) kemudian berangkat jam 10 pagi. Sepanjang perjalanan dari Makassar – Kendari – Wakatobi kalian akan menaiki pesawat Wings Air yang ada baling-balingnya dan sediakan juga kamera sepanjang perjalanan dari Kendari menuju Wakatobi karena pemandangannya AMAZING kawan..


Pulau Wangi-Wangi, Wakatobi dari atas pesawat.. Keren abis broo!



-          Sesampainya di Bandara Matahora kami disambut pihak pemerintah kabupaten Wakatobi dan menginap di Patuno Beach Resort yang indah. Di Pulau Wangi – Wangi, kawan2 bisa mengunjungi berbagai tempat seperti Peninggalan Sejarah Mercusuar Wakatobi, Goa Mata Air dan Pantai Mata Air Seratus. Ini penjelasannya.
+ Mercusuar Peninggalan Belanda yang berada di Desa Waha, Wangi-Wangi merupakan salah satu yang ideal untuk bisa menikmati pemandangan laut yang membiru dikawasan laut Wakatobi. Untuk mengunjunginya cukup memberitahu pengelola resort/hotel dan dengan ramah anda akan diberikan informasi.
+ Goa Mata Air Kontamale di kelurahan Wanci menawarkan air dari mata air yang sangat jernih dan sejuk. Konon, setelah mandi di air goa ini orang akan menjadi awet muda seperti saya kawan haha
+Pantai Mata Air Seratus atau bahasa lokalnya Molii Sahatu yang berada didesa Patuno berjarak 15 KM dari pusat kota Wakatobi. Di resort saya menginap hanya membutuhkan beberapa puluh meter saja untuk mencapai pantai ini. Matahari terbitnya keren coy..

Welcome to Matahora Airport, Wakatobi


Baliho Sambutan Pemerintah Wakatobi menyambut kedatangan kami...




Langsung di sambut muda/mudi Wakatobi

Pertunjukan Budaya Masyarakat Wakatobi
Senja di Pelabuhan Pangulubelo


Aseekk... Dapat cendramata Syal buatan masyarakat Wakatobi..



Suasana Indonesia Youth Forum 2014

Ane foto bareng Bupati Wakatobi.. Ir. Hugua! Orangnya ramah dan penuh kharisma.. Beliau sukses membuat Wakatobi mendunia dalam masa pemerintahannya.. Salut!
Mata Air Kontamale yang bikin Awet Muda
Pantai Mata Air Seratus yang jernih *_*
Pantai Humakapala yang Luar Biasa jernih


Tempat santai di Patuno Resort Hmmmm :)


Tempat jual oleh-oleh dan kerajinan khas suku Bajo


Pagi-pagi santai dulu keliling Patuno resort
Tempat ane menginap di Patuno Resort

Ngopi dulu brooo

+ Sebenarnya masih banyak tempat yang bisa dieksplor di Pulau Wangi-Wangi dan 3 pulau dibelakangnya. Tapi saya fokuskan untuk Pulau Wangi-Wangi dulu.
Nah bagi anda yang memiliki budget ala koper bisa langsung mengunjungi Tour Guide paket di www.hogadiveresort.com yang ada di Wakatobi.. Paketnya mulai dari yang 3 hari 2 malam sampai 7 hari 6 malam. Berikut list paket nya :

3 hari 2 malam
2 – 4 orang Rp. 3.250.000/orang
5 – 9 orang Rp. 2.750.000/orang
10 – 14 orang Rp. 2. 500.000/orang
15 – 19 orang Rp. 2. 250.000/orang
20 org – Lebih Rp. 2.000.000/orang

7 hari 6 malam
2 – 4 orang Rp. 5.750.000/orang
5 – 9 orang Rp. 3.350.000/orang
10 – 14 orang Rp. 5. 150.000/orang
15 – 19 orang Rp. 4. 950.000/orang
20 org – Lebih Rp. 4.750.000/orang

Berikut contact person untuk Hoga Dive Resort yang bisa kawan2 hubungi :
1.      082311047777
2.      081543117678
3.      085696002788

Intinya, makin banyak yang berangkat.. Makin murah harga paketnya. Kawan2 akan di antar jemput dari Bandara Matahora Wakatobi, Wisata Kuliner, Penginapan, biaya diving, breakfast-lunch-diner, alat snorkeling+diving semuanya sudah ditanggung dan kawan2 tak hanya eksplor pulau Wangi-Wangi tapi juga akan berkunjung/diving di pulau hoga Tomia. Bahkan jika kawan2 ingin lebih hemat lagi, tim Hoga Dive Resort memiliki paket liburan yang bisa tinggal di rumah warga (homestay) dengan harga berkisar Rp. 70.000 sampai Rp. 100.000 per orang. Jadi tunggu apa lagi? Segera menabung dan pergi ke Wakatobi. Dan jangan lupa kasih support buat tulisan2 saya berikutnya..

Indonesia itu Indah! Jangan hanya dirumah saja!
 


Salam
Arba Arief
Travel Blogger

5 comments:

  1. semoga sukses dengan artikel yna gan saya akan mendukung anda gan
    togel singapore

    ReplyDelete
  2. Terima kasih banyak Infonya, mdh2an bisa kesana dalam waktu dekat

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih info nya guys sangat berguna



      Jasa sadap handphone. berbagai fitur dan berbagai tipe HP.

      Bisa untuk HP :

      - IPHONE.
      - ANDROID.
      - NOKIA.
      - BLACKBERRY.
      - WINDOWS PHONE & MOBILE
      - SYMBIAN (tidak tersedia)

      (Sadap data komunikasi)


      - SADAP PANGGILAN SUARA
      - SADAP SMS & MMS
      - SADAP FOTO/ VIDEO
      - SADAP EMAIL
      - SADAP SUARA SEKITAR
      - SADAP CHAT FACEBOOK
      - SADAP WHATSAPP, LINE, TELEGRAM, SKYPE
      - SADAP BBM (BLACKBERRY MESSENGER) (tidak tersedia)
      - SADAP LOKASI

      Kunjungi: PENYADAP.COM
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .

      Delete
  3. mantap
    < a href ="https://cvtugu.com" > rental mobil jogja< /a>

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah informasinya,
    Saudara Ada contact homestay untuk tinggal di sana.

    ReplyDelete